Model Seragam PNS Terbaru Berdasarkan Permendagri No. 68 Tahun 2015

Permendagri Nomor 68 tahun 2015 adalah perubahan yang kedua atas Permendagri nomor 60 tahun 2007 yang sebelumnya telah dirubah dengan Permendagri Nomor 53 tahun 2009. Perubahan tersebut memuat perubahan model seragam PNS terbaru yang dipakai oleh para PNS Pemerintah Daerah atau bisa disingkat dengan kata PEMDA dan PNS Kemendagri. Bagi Anda yang belum mengetahui perubahan jenis seragam itu, pada artikel ini akan dibahas perubahan model seragam PNS tersebut.

Model Seragam PNS Terbaru Berdasarkan Permendagri No. 68 Tahun 2015

Model Seragam PNS Terbaru Berdasarkan Permendagri No. 68 Tahun 2015

 

Perubahan Model Seragam PNS Terbaru 2016

Setelah adanya perubahan dari Kemendagri mengenai perubahan jenis model seragam PNS terbaru untuk pakaian dinas bagi para PNS sangatlah mencolok. Baik dari model pakaian maupun dari jadwal penggunaan baju tersebut. Perubahan tersebut telah resmi berlaku mulai dari hari Senin, 08 Februari 2016. Pasalnya, menurut Kepala Biro Hukum Kemendagri yaitu Widodo Sigit Pudjianto menyatakan bahwa apabila para PNS ada yang tidak mematuhi peraturan itu maka akan dikenakan hukuman atau sanksi. Sanksi bisa berupa teguran atau hingga disekolahkan kembali.

Model Seragam PNS Terbaru

Model Seragam PNS Terbaru

 

Sebelum adanya perubahan Kemendagri biasanya PNS pada hari tertentu biasa mengenakan pakaian Linmas. Tetapi setelah adanya perubahan Kemendagri pakaian Linmas saat ini digunakan setiap hari Senin. Sedangkan pakaian Korpri digunakan ketika peringatan Hari Korpri. Kemudian seragam lain yaitu PDH warna khaki, dan batik digunakan pada hari yang telah dijadwalkan.

Model Seragam PNS Terbaru

Model Seragam PNS Terbaru

 

Model seragam PNS terbaru tentu saja berbeda dengan peraturan mengenai seragam PNS yang sebelumnya. Hal yang mencolok dari perubahan tersebut adalah adanya tambahan seragam yang wajib digunakan untuk sehari-harinya yaitu seragam kemeja putih yang harus digunakan dengan bawahan celana atau rok berwarna gelap (hitam). Pastinya seragam antara pria dan wanita sangatlah berbeda. Bagi wanita yang mengenakan jilbab dapat menyesuaikan, boleh mengenakan seragam panjang namun tetap sesuai dengan aturan yang berlaku. Penambahan seragam baru ini bagi pria maupun wanita dilengkapi dengan tanda pengenal, papan nama, dan lencana Korpri.

 

Seragam PNS terbaru yang berupa kemeja putih tersebut seperti kemeja pada umumnya yaitu berkerah dan berkancing di bagian depan baju dan dilengkapi dengan saku di bagian dada. Sedangkan untuk bawahan bisa berupa celana berwarna gelap semisal hitam dengan aturan yang tentunya tidak ketat. Untuk wanita digunakan rok span berwarna gelap. Pakaian dinas diatur untuk bisa meningkatkan pelayanan, keseragaman ASN, dan juga tanggung jawab.

Model Seragam PNS Terbaru Batik Korpri

Model Seragam PNS Terbaru Batik Korpri

Baca Juga : model baju atasan wanita lengan panjang terbaru di indonesia

 

Pakaian Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah ditentukan untuk pakaian dinas di lingkungan Kemendagri yaitu PDH warna khaki, PDH batik, dan PDH kemeja putih dengan celana atau rok hitam atau gelap, pakaian sipil harian, pakaian sipil lengkap, dan pakaian sipil resmi. Kemudian seragam PNS untuk Dinas Pemerintah Provinsi diantaranya yaitu PDH warna khaki, PDH warna putih dengan celana/rok hitam, PDH batik, PSH, PSR, PSL dan pakaian dinas lapangan (PDL). Begitupun dengan pakaian Dinas Pemerintah Kabupaten/Kota menggunakan seragam yang sama seperti Dinas Pemerintah Provinsi. Selain keputusan mengenai model baju seragam PNS, Kemendagri juga telah memutuskan aturan jadwal digunakannya seragam tersebut. Jadwal penggunaan seragam tersebut yaitu hari Senin menggunakan baju Linmas, Selasa dan Rabu PDH warna khaki, Kamis kemeja putih, Jumat memakai baju batik/tenun/ atau pakaian khas daerah, untuk HUT Korpri dan hari besar nasional lainnya menggunakan pakaian Korpri. Untuk acara resmi dalam aturan mengenai  model seragam PNS terbaru menggunakan PSL atau PSR sesuai ketentuan acara.

Model Seragam PNS Terbaru Berdasarkan Permendagri No. 68 Tahun 2015 | team seven | 4.5